Review TP-Link Tapo C200

Review TP-Link Tapo C200, CCTV Terbaru dari TP-Link dengan Fitur Wi-Fi Pan & Tilt Camera

Pada artikel kali ini kita akan kembali mengupas review TP-Link Tapo C200, yaitu produk CCTV Terbaru dari TP-Link dengan fitur Wi-Fi Pan & Tilt Camera.


Halo Sobat Komedia! Kali ini kita kedatangan satu produk baru nih! Produk ini berasal dari brand TP-Link, yakni sebuah brand yang sudah dikenal memiliki serangkaian produk pendukung ekosistem rumah pintar yang cukup beragam.

Rangkaian produk smart home di Indonesia terdiri dari smart security camera, mini smart Wi-Fi connector dan juga smart Wi-Fi light bulb.

Nah kali ini Komedia berkesempatan untuk menguji salah satu produknya yaitu smart security camera dari Tapo C200. Nama Tapo sendiri merupakan sub-brand dari TP-Link yang cukup terkenal dengan perangkat jaringannya yang beragam.

Penasaran seperti apa bentuk visual serta fitur yang disematkan pada produk ini? Simak artikel ini sampai habis ya.

Spesifikasi TP-Link Tapo C200

Review TP-Link Tapo C200

Berikut ini adalah daftar spesifikasi dari TP-Link Tapo C200 yang perlu kamu perhatikan saat hendak membelinya, di antaranya adalah:

Sensor kamera CMOS 1/2,9″
Lensa 4 mm f/2,4
Sudut pandang Horizontal: 360°, vertikal: 114°
Resolusi 2 MP, 1080p @ 15 fps
Kompresi video H.264
Jarak penglihatan malam Sampai 30 kaki atau 9 meter
Penyimpanan Micro-SD sampai 128 GB
Koneksi Wi-Fi 802.11b, 802.11g, 802.11n
Fitur Night visionmotion detectionsound detectionscheduled recording, rumah pintar
Dimensi/bobot 8,66 x 8,5 x 11,77 cm/440 gr
Sistem operasi yang didukung Android 4.4+ dan iOS 9+
Kelengkapan Power adapter, manual, mount adapter
Garansi 1 tahun

Review TP-Link Tapo C200

Review TP-Link Tapo C200

Tapo C200 adalah sebuah kamera Wi-Fi pintar yang dapat digunakan sebagai kamera IP biasa pada umumnya. Tapo C200 ini memiliki desain fisik yang menarik dengan desain membulat di area lensa. Kamera Tapo C200 ini memiliki sensor 1/2.9 inci dengan lensa 4mm f/2.4 yang mendukung perekaman video Full HD.

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakannya, tenang saja proses instalasinya tidak sulit kok. Tapo memberikan kemudahan untuk kedua proses tersebut.

Setelah kamu memasang software atau aplikasi TP-Link Tapo di perangkat seluler iOS dan Android milikmu, kamu cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan di aplikasi tersebut.

Aplikasi TP-Link Tapo ini memiliki antarmuka yang sederhana namun dengan fitur yang cukup kaya. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai operasi dan pengaturan yang dilakukan dari sini. Beberapa fitur dapat dilihat langsung di halaman pengaturan.

Review TP-Link Tapo C200

Terdapat fungsi Talk yang memungkinkan komunikasi 2 arah dari smartphone dengan lawan bicara di depan Tapo C200. Ini dimungkinkan karena Tapo C200 memiliki speaker sekaligus mikrofon.

Ketika kami mencobanya, kualitas keluaran audio tergantung pada koneksi internet yang kami miliki. Selain itu, kami tidak menemukan masalah komunikasi apapun melalui perangkat ini.

Lalu ada Pan & Tilt, seperti namanya fitur ini menawarkan kemampuan menggeser dan memiringkan pergerakan lensa kamera. Kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk memutar kamera ke kiri atau ke kanan hingga 360° dengan menekan fungsi Journey pada smartphone milikmu.

Begitu juga naik turun dengan jangkauan hingga 114° berkat fungsi Vertical Travel. Cakupan yang jelas memungkinkan kamu dapat melihat ruang yang dipantau dengan lebih mudah.

Dengan resolusi hingga Full HD, gambar yang ditampilkan cukup bagus. Sayangnya, pada resolusi tersebut, TP-Link Tapo C200 mampu merekam video dengan frame rate maksimal hanya 15 fps.

Meskipun ini seharusnya sudah bisa dibilang cukup untuk kebutuhan keamanan yang berbeda, kemampuan merekam hingga 30fps pasti akan memberikan kualitas video yang lebih baik.

Kami sendiri telah menguji dalam kondisi luar ruangan atau ruang yang cukup terang. Didesain khusus untuk digunakan pada malam hari atau kondisi minim cahaya, kamera ini dilengkapi dengan LED inframerah 850nm dengan fungsi night vision dan jangkauannya bisa mencapai hingga 30 kaki atau lebih dari 9 meter.

Review TP-Link Tapo C200

Fitur ini pastinya dapat membantu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Ketajaman gambar jenis ini sangat membantu untuk menentukan kondisi sekitar secara akurat.

Tak hanya itu, Tapo C200 juga dilengkapi dengan motion detection untuk memberitahukan secara otomatis ketika kamera mendeteksi adanya gerakan.

Kamu juga dapat mengatur zona gerak untuk hanya merekam apa yang terjadi di area yang dipilih. Kami mencobanya melalui opsi Alarm On.

Alhasil, sensor kamera bekerja cukup baik untuk merespon gerakan yang ada dan langsung mengirimkan notifikasi ke smartphone secara real time. Perekaman dapat dijadwalkan secara otomatis dan juga berdasarkan deteksi gerakan.

Review TP-Link Tapo C200

Sebagai perangkat pintar, kontrol suara dapat digunakan di Google Assistant dan Amazon Alexa (jika didukung), serta dilengkapi juga dengan mode privasi dan penyimpanan lokal. Tapo C200 mendukung kartu micro-SD hingga 128 GB atau setara dengan 384 jam (16 hari) penyimpanan rekaman.

Hanya saja Tapo C200 tidak mendukung penyimpanan cloud. Konon, alasan minimnya layanan cloud tersebut karena Tapo C200 bisa menjadi solusi bagi pengguna yang tidak memiliki koneksi internet cepat.

Ini karena data disimpan di cloud, terutama jika menggunakan resolusi Full HD dengan ukuran file besar, yang dapat mengganggu proses upload atau download.

Letak slot kartu micro-SD sendiri tersembunyi di bagian bawah kamera. Yang harus kamu lakukan adalah menyeret lingkaran kamera ke posisi atas agar slotnya terlihat. Ada juga tombol reset yang sangat berguna untuk mengembalikan pengaturan Tapo C200 ke keadaan default.

Harga dan Ketersediaan TP-Link Tapo C200

Review TP-Link Tapo C200

Nah Tapo C200 ini bisa menjadi solusi menarik bagi kamu yang ingin memantau ruangan dari jarak jauh. Selain itu, fungsi pan and tilt pada kamera ini memungkinkan kamu untuk memantau area dengan jangkauan yang lebih luas.

Beberapa fitur tambahan lainnya seperti keberadaan LED infra merah membantu untuk mengambil gambar atau merekam audio dalam kondisi gelap. Kemudahan instalasi dan penggunaan juga menjadi nilai tambah kamera IP terjangkau ini.

Dengan segudang fitur bermanfaat yang sudah dijelaskan diatas pastinya kamu mengira produk ini memiliki harga yang mahal. Wah kamu salah besar! TP-Link Tapo C200 ini hanya Rp 387 ribu di Official Store Komputer Medan berikut ini!

Buruan cek sekarang sebelum kehabisan!


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: