Review Fantech LEVIOSA AIR

Review Fantech LEVIOSA AIR: Mikrofon Nirkabel Praktis untuk Konten Kreator

Siapa di sini yang punya channel podcast? Tentunya kamu ingin dong informasi-informasi daging dari narasumber untuk bisa terdengar dengan jelas dan jernih. Nah, jika kamu ingin memberikan kualitas yang terbaik kepada para subscriber setiamu, kamu wajib banget punya gadget ini. Penasaran seperti apa performa dan tampilannya? Yuk simak artikel review Fantech LEVIOSA AIR berikut ini!


Para kreator konten yang aktif membuat video atau streaming pasti membutuhkan mikrofon berkualitas untuk menghasilkan audio yang jernih kan. Mikrofon nirkabel menjadi pilihan yang semakin digemari karena menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam membuat konten.

Fantech LEVIOSA AIR hadir sebagai mikrofon nirkabel terbaru yang menarik perhatian. Mikrofon ini menjanjikan kualitas audio yang jernih, desain ringkas, dan harga yang terjangkau. Namun, apakah Fantech LEVIOSA AIR benar-benar sesuai dengan janjinya?

Yuk kita simak review lengkapnya berikut ini!

Spesifikasi Fantech LEVIOSA AIR

Review Fantech LEVIOSA AIR

  • Frekuensi: 2.400 hingga 2.483,5 MHz
  • Rasio Sinyal terhadap Derau (SNR): 70 dB
  • Penundaan Transmisi (Latency): 30 ms
  • Laju Sampling: 44.1 kHz
  • Jarak Transmisi: Maksimum 10 meter (idealnya dalam kondisi tanpa penghalang)
  • Baterai Mikrofon: 80 mAh
  • Baterai Casing Pengisi Daya: 300 mAh (tipe WMV11) atau 600 mAh (tipe WMV21)
  • Respons Frekuensi: 20-20.000 Hz
  • Waktu Kerja Mikrofon: Hingga 8 jam
  • Waktu Siaga Mikrofon: Hingga 200 hari
  • Waktu Pengisian Daya: Sekitar 1.5 jam
  • Kearahkan Mikrofon: Omni-directional (menangkap suara dari segala arah)
  • Kompatibilitas: Smartphone (Android/iOS), kamera mirrorless, DSLR, laptop
  • Tipe Koneksi: Nirkabel 2.4 GHz
  • Port Pengisian Daya: USB Type-C
  • Fitur Tambahan: Tombol Mute, LED Indikator
  • Model:
    • WMV11: Satu mikrofon, casing pengisi daya 300 mAh
    • WMV21: Dua mikrofon, casing pengisi daya 600 mAh

Review Fantech LEVIOSA AIR

Review Fantech LEVIOSA AIR

Aspek Desain dan Kemasan

Fantech LEVIOSA AIR hadir dengan tampilan berwarna hitam elegan yang menampilkan gambar mikrofon dan logo Fantech. Di bagian belakang kemasan, terdapat informasi spesifikasi produk secara singkat.

Ketika membuka boks, kita akan langsung disambut dengan mikrofon lavalier mungil berwarna hitam. Mikrofon ini terasa sangat ringan dan nyaman digenggam.

Selain mikrofon, boks ini juga berisi receiver mungil, kabel USB Type-C untuk pengisian daya, clip untuk dipasangkan ke baju, windscreen atau pelindung busa mikrofon, dan buku panduan.

Secara keseluruhan, desain Fantech LEVIOSA AIR minimalis dan ringkas. Bodinya terbuat dari material plastik yang kokoh, sehingga terkesan awet. Baik mikrofon maupun receiver berukuran sangat kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana pun.

Aspek Penggunaan dan Konektivitas

Fantech LEVIOSA AIR ini sangat mudah digunakan lho. Tidak perlu instalasi driver yang rumit. Cukup colokkan receiver ke port USB Type-C smartphone, kamera, atau laptop, lalu nyalakan mikrofon. Secara otomatis, kedua perangkat akan terhubung.

Mikrofon ini menggunakan teknologi transmisi nirkabel 2.4 GHz yang menjanjikan jangkauan hingga 20 meter. Selama pengujian, kami bisa bergerak bebas dalam radius 15 meter tanpa mengalami gangguan sinyal yang berarti.

Aspek Kualitas Audio

Kualitas audio adalah aspek terpenting dari sebuah mikrofon. Fantech LEVIOSA AIR dilengkapi dengan pola pengambilan suara omnidirectional, yang berarti dapat menangkap suara dari segala arah. Hasilnya, suara yang direkam terdengar jernih dan natural.

Mikrofon ini juga dilengkapi dengan fitur peredam bising (noise cancellation) yang mampu meredam suara latar belakang yang mengganggu, seperti suara angin atau keramaian. Fitur ini sangat berguna ketika merekam video di luar ruangan atau di tempat yang bising.

Daya Tahan Baterai

Fantech LEVIOSA AIR dibekali baterai internal yang dapat digunakan hingga 7 jam dalam sekali pengisian daya. Sementara receiver-nya bisa bertahan hingga 10 jam. Waktu penggunaan ini cukup memadai untuk kebutuhan rekaman video atau streaming standar.

Pengisian daya dilakukan melalui kabel USB Type-C yang sudah termasuk dalam paket pembelian. Proses pengisian daya memakan waktu sekitar 1.5 jam.

Fitur Tambahan

Fantech LEVIOSA AIR memiliki beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti:

  • Tombol Mute: Terdapat tombol mute pada badan mikrofon yang memudahkan kita untuk mematikan suara secara cepat.
  • LED Indikator: Mikrofon dan receiver dilengkapi dengan LED indikator yang memberikan informasi mengenai status baterai dan koneksi.
  • Kompatibilitas: Fantech LEVIOSA AIR kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti smartphone, kamera mirrorless, DSLR, dan laptop.

Harga dan Ketersediaan Fantech LEVIOSA AIR

Fantech LEVIOSA AIR adalah mikrofon nirkabel yang sangat cocok untuk kamu para kreator konten yang aktif membuat video atau streaming.

Mikrofon ini menawarkan desain yang ringkas, mudah digunakan, kualitas audio yang jernih, dan harga yang terjangkau.

Dengan daya tahan baterai yang cukup baik dan kompatibilitas yang luas, Fantech LEVIOSA AIR menjadi pilihan yang menarik bagi para vlogger, youtuber, streamer game, hingga content creator yang baru memulai.

Nah dan yang pasti Fantech LEVIOSA AIR ini sudah tersedia di KomputerMedan, kamu dapat langsung mengakses link berikut di saluran resmi KomputerMedan:


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: