Beda Komputer Rakitan dan Built Up
Sumber: Fortune Indonesia

Beda Komputer Rakitan dan Built Up: Mana yang Lebih Oke?

Buat kamu yang lagi mau merakit PC, sudah pada tahu belum apa beda komputer rakitan dan built up? Nah, kalau belum tahu, yuk simak jawabannya di artikel berikut ini!


Dalam era digital saat ini, komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, hiburan, atau bahkan komunikasi, penggunaan komputer telah semakin meluas.

Ketika memilih komputer, salah satu pertimbangan utama adalah memilih antara komputer rakitan dan built up. Artikel ini akan membahas perbedaan utama antara keduanya, beserta kelebihan dan kekurangannya, untuk membantu kamu untuk menentukan pilihan terbaik.

Mengenal Beda Komputer Rakitan dan Built Up

Beda Komputer Rakitan dan Built-Up
Sumber: Intel

Apa Itu Komputer Rakitan?

Komputer rakitan adalah komputer yang dibangun dengan menggabungkan berbagai komponen keras (hardware) yang terpisah, seperti prosesor, motherboard, kartu grafis, RAM, dan penyimpanan, serta menyusunnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Proses membangun komputer rakitan ini umumnya dilakukan oleh pengguna sendiri atau oleh toko komputer yang menawarkan layanan rakitan, seperti KomputerMedan.

Salah satu keuntungan utama dari komputer rakitan adalah fleksibilitasnya. Pengguna dapat memilih sendiri komponen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka, sehingga mereka bisa mendapatkan kinerja yang optimal sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka, seperti untuk gaming, desain grafis, atau penggunaan kantor.

Selain itu, komputer rakitan juga memberikan kebebasan untuk meng-upgrade komponen secara terpisah sesuai dengan perkembangan teknologi atau kebutuhan pengguna.

Misalnya, jika pengguna merasa bahwa performa prosesor mereka sudah tidak memadai lagi, mereka dapat menggantinya dengan model yang lebih baru tanpa harus mengganti seluruh unit komputer.

Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan dalam memilih komputer rakitan. Salah satunya adalah waktu dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk merakit komputer secara mandiri.

Proses ini memerlukan pemahaman yang cukup baik tentang spesifikasi hardware dan bagaimana cara merakitnya dengan benar.

Selain itu, jika terjadi masalah atau kerusakan pada salah satu komponen, pengguna harus mengurusnya sendiri atau membawa ke toko komputer untuk perbaikan.

Apa Itu Komputer Built Up?

Di sisi lain, komputer built up adalah komputer yang sudah dirakit sebelumnya oleh produsen atau pihak ketiga.

Mereka biasanya dijual sebagai paket lengkap yang sudah termasuk semua komponen yang diperlukan, seperti casing, motherboard, prosesor, RAM, kartu grafis, dan penyimpanan.

Pengguna hanya perlu membeli komputer tersebut dan langsung menggunakannya tanpa perlu merakitnya terlebih dahulu.

Salah satu keuntungan utama dari komputer built-up adalah kemudahan penggunaannya. Pengguna tidak perlu repot-repot merakit komputer sendiri, sehingga mereka dapat langsung mulai menggunakan komputer tersebut segera setelah membelinya.

Ini sangat cocok untuk pengguna yang tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan untuk merakit komputer sendiri.

Selain itu, komputer built up juga biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari produsen, yang memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan atau masalah yang mungkin terjadi.

Pengguna dapat dengan mudah menghubungi produsen atau penjual untuk mendapatkan bantuan jika terjadi masalah dengan komputer mereka.

Namun, kelemahan utama dari komputer built-up adalah kurangnya fleksibilitas dalam memilih komponen.

Pengguna harus puas dengan komponen yang sudah disertakan dalam paket tersebut, yang mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan atau preferensi mereka.

Selain itu, opsi untuk meng-upgrade komponen juga terbatas karena beberapa desain built up mungkin sulit untuk dibuka atau dimodifikasi.

Kesimpulan

Ketika memilih antara komputer rakitan dan built up, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Jika kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merakit komputer sendiri, serta ingin memiliki kontrol penuh atas komponen yang digunakan, maka komputer rakitan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Namun, jika kamu memang mencari kemudahan penggunaan dan jaminan kualitas dari produsen, maka komputer built up bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Yang terbaik adalah melakukan riset yang cermat dan kalau bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli komputer atau teman yang berpengalaman sebelum membuat keputusan akhir.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kamu akan dapat memilih komputer yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.


Nah buat sobat Komedia yang kebetulan baru mengenal dan memulai merakit PC, KomputerMedan rajanya PC dan laptop keren! Yuk dipilih beragam modelnya di link berikut ini: