Review ASUS ROG STRIX Arion

Review ASUS ROG STRIX Arion, Solusi Dukungan Penyimpanan Besar Eksternal Khusus Gaming

Pada artikel kali ini, tim Komedia akan mengupas review ASUS ROG STRIX Arion, yaitu sebuah device dukungan penyimpanan besar khusus untuk gaming!


Apakah Sobat Komedia sedang mencari SSD khusus gaming? Wah kamu mendarat di artikel yang tepat nih. Pasalnya ASUS kembali menghadirkan produknya yang selalu terdepan kalau untuk urusan gaming.

Perkenalkan ini dia ASUS ROG STRIX Arion! Enclosure NVMe SSD khusus gaming terbaru dari ASUS yang wajib kamu masukkan wishlist di tahun 2023 ini!

Yuk kita simak keunggulan dan fitur andalan dari produk ini.

Review ASUS ROG STRIX Arion

Spesifikasi ASUS ROG STRIX Arion

  • Color: Black
  • Interface: USB3.2 Gen 2X1
  • Speed: 10Gbps
  • Capacity: 0TB
  • OS Compatibility: Windows® 7, Windows® 8 / 8.1, Windows® 10, Windows11, Mac OS® X 10.6 and above, Android devices supported OTG function
  • SSD Compatibility: M.2 PCI Express 2280, M.2 PCI Express 2260, M.2 PCI Express 2242, M.2 PCI Express 2230
  • Aura System Requirement: Windows 10 RS3 or above
  • Aura Sync: ARGB
  • Dimension: 124.5 x 47.7mm x 10.9 mm (L/W/H)
  • Weight: 98g
  • Temperature: Operating: 0 ℃(32 ℉)-40 ℃(104 ℉), Stroage: -20 ℃(-4 ℉)-60 ℃(140 ℉)
  • Voltage: 5V

Review ASUS ROG STRIX Arion

Review ASUS ROG STRIX Arion

ASUS melalui sub-brand Republic of Gamers (ROG) telah meluncurkan produk terbarunya yang bernama ROG Strix Arion di Indonesia.

ASUS Strix Arion ini merupakan sebuah enclosure untuk SSD (Solite-State Drive) yang memungkinkan pengguna atau gamer memiliki penyimpanan eksternal berkecepatan tinggi.

ROG Strix Arion memanfaatkan M.2 NVMe SSD yang menjadi teknologi penyimpanan pada PC atau Laptop jaman sekarang, hal ini dilakukan untuk memiliki performa yang jauh lebih kencang melebihi SATA SSD.

Dari segi desain, ROG Strix Arion terlihat seperti lempengan komponen yang sangat ringkih dan sangat riskan untuk dijadkan penyimpanan mobile.

Review ASUS ROG STRIX Arion

Walaupun begitu, ROG Strix Arion dapat mengeliminasi keriskanan tersebut dengan menjadi cover NVMe SSD; selain menjadi cover, ROG Strix Arion memilih fitur lain seperti passive hatsink dan integrated thermal pads pada permukaan dalam Arion yang terbuat dari metal yang menjaga kestabilan suhu NVMe SSD.

ROG Strix Arion dapat memuat berbagai NVMe SSD untuk ukuran maksimum 80mm, Strix Arion juga memiliki standar MIL-STD-810G 516.6 untuk urusan batas aman dari benturan atau ketika Arion tidak sengaja terjatuh dimana hal tersebut berperan sangat penting karena para pengguna M.2 NVMe SSD tahu komponen satu ini cukup mahal dan terlebih kehilangan data karena kecelakaan seperti ini.

ROG juga memanjakan pengguna agar tidak repot ketika membuka tutup Arion dengan hanya cukup menggunakan pin tool seperti slot sim card smartphone belakangan ini yang secara langsung juga mencegah terbukanya casing satu ini secara tidak sengaja.

Keuntungan menggunakan ASUS ROG Strix Arion adalah pengguna bisa memiliki SSD portabel yang cepat dan ringan.

Review ASUS ROG STRIX Arion

Hal ini disebabkan SSD M.2 NVMe memang lebih ramping dibandingkan SSD dan HDD biasa termasuk ukuran 2,5 inci.

ASUS ROG Strix Arion kompatibel dengan SSD M.2 NVMe ukuran 2230, 2242, 2260, dan 2280. Di sisi desainnya, enclosure ini masih hadir dengan LED RGB yang bisa dikustomisasi lewat software ASUS Aura Sync.

Di paket penjualannya, enklosur SSD M.2 NVMe Asus ROG Strix Arion hadir dengan dudukan pelindung untuk melindunginya dari benturan dan jatuh serta dua kabel konektor, USB-C dan USB-C ke USB-A.

Menurut kami, produk ini cukup menarik dan bisa menggantikan fungsi SSD atau HDD portabel dengan menawarkan kecepatan transfer data lebih cepat.

Review ASUS ROG STRIX Arion

Namun mengingat saat ini SSD M.2 NVMe masih tergolong mahal, maka banyak gamer yang masih memilih memasangnya secara langsung di dalam PC atau laptop.

Terakhir sebagai media penyimpanan eksternal, Strix Arion juga menghadirkan konektivitas premium berkat interface USB Type-C 3.2 yang secara teori mampu mentransfer dengan kecepatan hingga 10Gbps tergantung komponen SSD yang digunakan juga dan opsi backward compatibility juga disediakan Arion yang menyediakan kabel USB-C dan USB-A.

Harga dan Ketersediaan ASUS ROG STRIX Arion

Review ASUS ROG STRIX Arion

Jika kamu tertarik untuk membeli ASUS ROG STRIX Arion ini, maka harga yang ditawarkan cukup beragam. Namun kisaran harga yang bisa kamu dapatkan untuk SSD canggih ini dimulai dari Rp800 ribuan saja!


Itulah spesifikasi dan review ASUS ROG STRIX Arion yang bisa kamu pilih untuk memberikan pengalaman kecepatan yang luar biasa pada PC atau laptop kamu.

Jika kamu tertarik untuk merasakan sensasi menarik dari SSD ini, maka kamu dapat membelinya langsung di link KomputerMedan berikut ini ya:

Buruan cek sekarang sebelum kehabisan!

Review ASUS ROG STRIX Arion


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: