Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX, Motherboard Chipset Intel Terbaru dari ASUS ROG

Kali ini tim Komedia kedatangan motherboard yang paling ditunggu-tunggu dari ASUS! Ini dia review ROG Maximus Z790 APEX!


Ini adalah motherboard yang dibangun dengan chipset Intel terbaru, yakni ROG Maximus Z790 APEX dari ASUS.

Kemiripan dengan versi Z690 APEX sangat mencolok meskipun ASUS mengejutkan kami dengan memilih PCB berwarna abu-abu metalik.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Seri APEX mewakili yang terbaik dari ASUS untuk perihal overclocker. Kartu ini memiliki banyak alat yang diimplementasikan pada PCB dan mendapat manfaat dari pembaruan BIOS reguler.

Kalau kamu ingin mendapatkan suhu CPU di bawah 0°C, APEX ini pasti akan terbukti menjadi salah satu pilihan terbaik untuk chipset Z790. Prosesor Raptor Lake telah membuat banyak rekor dalam hal ini.

Penasaran sekeren apa ASUS ROG Maximus Z790 APEX ini? Yuk simak artikel penjelasannya berikut ini!

Spesifikasi ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Sebelum kita lanjut membahas fitur dan performa dari kartu grafis ini, kamu bisa simak spesifikasi lengkapnya di sini sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih ya.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Yang paling di-highlight dari produk ini adalah adanya kata “APEX” dan “Maximus Z790”. Fokus tanpa henti pada overclocking menjadikan Maximus Apex Z790 impian bagi para penggemar eselon kelas atas.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Penghantaran daya yang melimpah dan kemampuan pendinginan yang serupa meningkatkan peluang untuk mencapai 6 GHz dan lebih tinggi dengan Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13 terbaru.

Optimalisasi pelacakan PCB memungkinkan memori DDR5 untuk mengatur pengaturan waktu dan frekuensi jauh melampaui kemampuan desain slot 4-DIMM. Chipset Z790 mendukung PCIe 5.0 yang menawarkan kinerja penyimpanan lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Produk ini sebenarnya adalah tipe Maximus kelima belas, salah satu model paling terkenal dari ASUS. Yang satu ini tentunya merupakan bagian dari seri ROG (Republic Of Gamers).

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Sepertinya ASUS tidak lagi menyebutkan nomor serinya karena judul di kotaknya adalah Maximus Z790 APEX.

Dimensi motherboardnya adalah 305 mm x 244 mm, yang sesuai dengan format ATX. Warna dominan pada PCB adalah abu-abu metalik dan putih.

Ini adalah perubahan warna yang radikal untuk PCB. Secara estetika, tampilannya cukup mirip dengan model APEX versi sebelumnya yaitu Z690.

Aspek Radiator

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Mari kita mulai dengan empat buah radiatornya. Pertama, tiga radiator terletak di bagian atas motherboard dan mengelilingi soket. Dua yang terbesar menutupi power supply. Kedua radiator ini dihubungkan langsung oleh heatsink.

Yang ketiga, lebih kecil, dan juga terhubung melalui heatsink bertanggung jawab untuk menjaga agar mesin tetap dingin sebagai bagian dari tahap pendinginan mesin.

Bagian keempat adalah bagian yang menutupi chipset dan memiliki luas permukaan yang cukup besar namun dengan ketinggian yang rendah untuk memudahkan pemasangan kartu grafis.

Logo ASUS ROG dapat ditemukan di sana, yang mendapat manfaat dari sistem lampu RGB AURA SYNC.

Aspek Soket dan PCIe

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Maximus Z790 APEX ini dapat menampung maksimal dua bar memori DDR5. Kabar baiknya karena yang satu ini menyimpan soket LGA-1700 serta kompatibilitas ke belakang.

Dengan kata lain, kita akan dapat menggunakan i9-12900K pada chipset Z790 dan sebaliknya, i9-13900K pada chipset Z690.

Intel akan terus mendukung DDR4 pada chipset ini tetapi ini harus menjadi yang terakhir kalinya karena peralihan akan dilakukan secara definitif ke DDR5 pada tahun 2024 mendatang.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Seperti versi Extreme, APEX ini memiliki tombol bernama Q-Release. Saat kartu dicolokkan ke slot PCIe pertama, menekan tombol ini akan membuka sistem retensi dan melepaskan kartu grafisnya.

Ini adalah masalah yang kami alami dengan generasi sebelumnya ketika heatsink terlalu dekat dengan slot PCIe pertama. Kerja bagus untuk ASUS!

APEX ini mendukung kit dual channel memory hingga 8000 MHz+ (OC) dan untuk jumlah maksimum 64 GB.

Ada dua slot PCIe 5.0 16x yang akan berfungsi di x8/x8 jika kamu memilih SLI atau CrossfireX. Slot PCIe 4.0 x4 ketiga juga tersedia serta PCIe 4.0 x1.

Untuk menyalakan semua ini, kartu ini memiliki konektor datar 24-pin dan dua konektor 8-pin di sebelah power stage.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Harga dan Ketersediaan ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Untuk 1 set ASUS ROG Maximus Z790 APEX ini bisa kamu dapatkan di harga Rp 13.200.000,- .

Dengan range harga tersebut kamu sudah mendapatkan:

  • ROG DIMM.2 with Heatsink
  • 1 x ROG DIMM.2 with heatsink
  • 1 x M.2 pad for ROG DIMM.2
  • 2 x M.2 screw package for ROG DIMM.2
  • PCIe 5.0 M.2 Card with Heatsink
  • 1 x PCIe 5.0 M.2 Card with heatsink
  • 1 x M.2 screw package for ROG PCIe 5.0 M.2 Card

Additional Cooling Kit

  • 1 x Thermal pad for M.2
  • 1 x DDR5 Fan holder
  • 1 x DDR5 Fan
  • 1 x DDR5 Fan screw

Miscellaneous

  • 1 x ASUS Wi-Fi moving antennas
  • 1 x Q-connector
  • 1 x ROG overclocking medal
  • 1 x ROG thank you card
  • 2 x M.2 Q-Latch packages for M.2 backplate
  • 2 x M.2 backplate Rubber Packages

Installation Media

  • 1 x USB drive with utilities and drivers

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Kalau kamu tertarik untuk membelinya tapi masih bingung mau beli di mana, kamu bisa mendapatkannya secara asli dan bergaransi di akun resmi KomputerMedan melalui link Tokopedia dan Shopee di bawah ini ya!

Jadi itulah review dari ASUS ROG Maximus Z790 APEX yang bisa jadi bahan pertimbanganmu dalam memilih kartu grafis untuk mengoptimalkan pengalaman gaming-mu biar semakin mantap.

Review ASUS ROG Maximus Z790 APEX

Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: