Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB, Si Mungil dengan Sejuta Data

Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB, Si Mungil dengan Sejuta Data

Pada artikel review kali ini kita akan review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB yang mini dan super canggih dalam menyimpan segudang data.

Semakin hari teknologi penyimpanan data semakin ringkas saja ya. Tahukah kamu, jika dapat dirunut kembali ke awal penciptaannya, sarana penyimpanan data komputer telah mengalami perkembangan yang revolusioner.

Masih ingatkah kamu dengan era penyimpanan data yang masih menggunakan punch cards dan pita magnetik? Setelah era penyimpanan pita magnetik perlahan punah, sarana digital mulai memasuki era perubahan sampai detik ini.

Mulai dari media penyimpanan digital, di mana perangkat keras membutuhkan ruang yang cukup, kemudian beralih ke perangkat keras yang sangat ringkas untuk bisa muat di dalam saku, hingga sekarang di mana media penyimpanan digital hadir tanpa bentuk fisik perangkat keras, melainkan sudah dalam bentuk manajemen nyata dan penyimpanan berbasis cloud.

Namun meskipun era penyimpanan tanpa bentuk fisik sudah digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia, keberadaan flashdisk atau flashdrive masih menjadi primadonna sebagai alat penyimpan data yang ringkas dan mungil.

Sedikit sejarah penyimpanan data dari masa ke masa

Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB, Si Mungil dengan Sejuta DataPada tahun 1956, perusahaan perangkat keras komputer Amerika IBM merilis sebuah mesin yang disebut IBM 305 RAMAC. Random Access Method of Accounting and Control (RAMAC) adalah komputer komersial pertama yang menyertakan 50 cakram 24 inci.

Inilah yang membuat RAMAC berbobot hampir 1 ton. Kalkulator ini dirancang untuk kebutuhan akuntansi bisnis. RAMAC memiliki kapasitas memori sebesar 3,75MB dan pertama kali digunakan oleh industri otomotif di AS, khususnya Chrysler dan Mopar.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1976 ditemukan sebuah floppy disk berkapasitas 360 KB.

Dalam hal konten, itu jauh lebih kecil, tetapi dalam hal perangkat keras, medianya pasti progresif. Floppy disk hanya berukuran 8 inci dan hanya tersedia dalam mode read-only.

Didirikan pada tahun 1980, Seagate mengembangkan media penyimpanan yang disebut Seagate ST-506. Hard disk ini memiliki kecepatan putaran hingga 7200 rpm, lebih tinggi dari kecepatan putaran hard disk standar saat ini sekitar 5400 rpm.

Dengan ukuran 5,25 inci dan kapasitas memori 5MB, Seagate Barracuda pada tahun 1992, menjadi salah satu perangkat besar, sekitar 2,1 GB. Objek ini mulai mewarnai pasar penyimpanan data pada tahun 1994. Piring ini memiliki kapasitas 650-700 MB.

Tak mau kalah, Sony juga langsung membuat inovasi besar di tahun 1999 dengan menciptakan Secure Digital Card (SD Card). Media ini memiliki kapasitas 2 GB dan masih sedikit lebih besar dari kartu microSD.

Entri 2006 Seagate Barracuda mengonversi ke kapasitas yang lebih besar yaitu 750 GB. Selain itu, Sandisk juga memperkenalkan kartu memori SDHC berkapasitas 32 GB Class 4 di tahun yang sama.

Media penyimpanan semakin mengecil, namun kapasitasnya semakin meningkat, itulah yang terjadi di era modern. Sony kembali memperkenalkan Sony XC Memory Stick dengan kapasitas 2TB (terabyte) atau sekitar 2000GB yang berukuran sangat kecil dan memiliki kecepatan transfer data yang dapat ditransfer.

Lalu kemudian muncul era flash disk dan flash drive hingga sekarang yang dimana masih dipakai banyak orang.

Nah berbicara soal flash drive, pada artikel review kali ini penulis berkesempatan untuk me-review secara langsung salah satu brand penyimpanan data yang sangat kita kenali yaitu Sandisk.

Penulis sendiri sudah menyukai brand Sandisk ini sejak duduk di bangku sekolah dasar, dimana memory card dari Sandisk ini masih tergolong mahal hingga sekarang.

Produk yang akan kita bahas kali ini adalah Sandisk Flash Drive Luxe dengan ukuran yang jumbo yaitu 256GB. Penasaran apa saja keunggulan dari flash drive ini? Simak terus ulasannya berikut ini.

Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB, Si Mungil dengan Sejuta Data

Spesifikasi Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB

Sebelu kita lanjut untuk membahas fitur dan keunggulan dari si flash drive ini. Kamu bisa simak dulu sedikit spesifikasinya berikut ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam membeli.

  • Brand: Sandisk
  • Capacity: 256 GB
  • Interface: USB 3.1 Gen 1
  • Konektor: Lightning USB-C
  • Dimensi (L x W x H): 50mm x 15.6mm x 8.7mm

Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB

Review Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB

Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB ini memiliki beberapa varian ukuran penyimpanan yakni 64GB, 128GB dan 256GB. Penulis kali ini berkesempatan untuk mencoba ukuran yang paling besarnya yakni 256GB.

Dimulai dari kemasannya terlihat tipis dan ringkas seperti produk Sandisk pada umumnya ya. Setelah penulis mencoba langsung flash drive ini, penulis sempat tertegun dengan fitur-fitur dan kepraktisan dari alat ini.

SanDisk® iXpand® Flash Drive Luxe ini ternyata sudah disertai tidak hanya satu tetapi dua konektor, sehingga kamu dapat memindahkan file dengan mudah antar iPhone, iPad Pro, Mac, dan perangkat USB Type-C™, termasuk ponsel Android kamu.

Kamu juga tidak perlu lagi mengirim foto via email antar perangkat. Setelah file berada di dalam drive ini, kamu dapat menggunakan konektor USB 3.0 berkecepatan tinggi untuk mentransfernya ke komputer dengan USB Type-C™.

Selain itu kamu juga dengann mudah untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang terdapat dalam flash drive ini. Cukup colokkan drive dan kosongkan ruang dengan mudah. Tidak perlu koneksi internet untuk mentransfer file. Sekarang kamu sudah memiliki memori yang diperlukan untuk menyimpan lebih banyak foto, video, dan game.

Teknologi Pencadangan otomatis (auto backup) juga tidak ketinggalan. Kamu tinggal menunggu dicolokkan dan tidak ada lagi kejadian kehilangan kenangan istimewa tersebut. Foto dan video otomatis dicadangkan di setiap device setiap kali kamu mencolokkan flash drive milikmu.

Untuk soal keamanan, flash drive ini juga sudah dilengkapi dengan kata sandi atau password agar semua file kamu aman dan terjaga dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Kamu bisa langsung download, install dan gunakan aplikasi iXpand® Drive untuk melindungi file dan foto dengan kata sandi di seluruh perangkat iOS dan komputer PC.

Untuk perihal desain dari si Sandisk flash drive ini memiliki desain tutup model putar memiliki fungsi ganda dengan lubang gantungan kunci. Desain tutup model putar yang trendi melindungi konektor ketika Anda memasukkan drive ke dalam tas atau saku, dan lubang gantungan kunci mempermudah untuk dibawa ke mana saja.

Itulah spesifikasi dan review lengkap dari Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB dengan fitur dan bentuknya yang sangat ringkas sehingga dapat menyimpan segudang data pribadi milikmu dengan praktis dan aman.

Apabila kamu jadi tertarik untuk membeli Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB ini, maka kamu bisa membelinya dengan mudah di toko KomputerMedan yang terjamin kualitasnya melalui link berikut ini:

Terlebih, jika kamu merupakan seorang pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran yang selalu menyimpan dan memindahkan data dengan intensitas yang banyak, tentu Sandisk iXpand Flash Drive Luxe 256GB ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: