Review Samsung Odyssey G8 OLED

Review Samsung Odyssey G8 OLED, Monitor Gaming OLED Pertama dari Samsung!

Halo Sobat Komedia! Kali ini tim Komedia memiliki sebuah produk monitor gaming terbaru dari Samsung yang menggunakan panel OLED! Tanpa berlama-lama, mari kita segera mengenal dan membaca ulasan artikel tentang Samsung Odyssey OLED G8 ini!

Sebagai pengantar, produk ini adalah monitor gaming pertama dari seri Samsung Odyssey yang menggunakan panel OLED! Panel OLED menawarkan tampilan yang menakjubkan, dengan warna-warna yang alami, kontras yang tinggi, dan reproduksi warna yang sangat baik.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Waktu tanggapnya sangat cepat, bahkan mencapai 0,03 ms GtG. Refresh rate-nya mencapai 175 Hz. Selain itu, monitor dengan ukuran 34 inci ini memiliki rasio 21:9 dan kelengkungan layar 1800R.

Samsung Odyssey OLED G8, merupakan produk terbaru dari seri Odyssey. Monitor ini sudah resmi dijual di Indonesia pada awal tahun 2023. Yuk, mari kita simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Nah sebelum kita lanjut membahas kehebatan dari monitor gaming Samsung Odyssey G8 OLED ini, kamu bisa klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkapnya ya.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Monitor ini memiliki layar lengkung OLED berukuran 34 inci dengan kelengkungan 1800R, yang berarti layarnya membentuk lingkaran dengan jari-jari 1800 milimeter.

Layar OLED ini didukung oleh prosesor Neo Quantum, yang memberikan warna putih yang lebih cerah, warna hitam yang lebih dalam, dan kontras warna yang hampir tak terbatas serta nyaman untuk mata.

Bodi monitor ini terbuat dari plastik yang sangat kokoh. Desain stand-nya berbentuk persegi panjang dengan tiang penyangga dan dilengkapi dengan lubang untuk pengelolaan kabel.

Untuk stand-nya, digunakan bahan metal agar monitor tetap berdiri stabil dan kokoh.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Dalam hal fleksibilitas, stand ini memungkinkan pengaturan ketinggian layar, pivot atau diputar ke kanan atau kiri hingga 3°, serta tilt atau kemiringan hingga 2° ke bawah dan 20° ke atas.

Ukuran monitor saat menggunakan stand adalah lebar 81,3 cm, tinggi berkisar antara 41 cm sampai 53 cm, dan kedalaman 19,2 cm.

Jarak terdekat antara monitor dan permukaan meja adalah 5 cm, sedangkan tinggi maksimumnya adalah 15 cm. Bobot total monitor beserta stand sekitar 7,5 Kg.

Untuk ukuran monitor sebesar ini, bezel layarnya sangat tipis, hanya sekitar 3,9 mm di keempat sisinya. Di bagian tengah bingkai bagian bawah layar terdapat lampu indikator daya, mikrofon, dan tombol on/off mikrofon.

Mikrofon ini bisa digunakan untuk perintah suara Bixby. Masih di bagian bingkai bawah, terdapat 2 buah speaker dengan daya masing-masing 5 watt. Ya, monitor ini juga mendukung smart monitor dengan speaker bawaan.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Permukaan layar monitor ini glossy, sehingga saat digunakan terutama untuk bermain game, tidak akan banyak memantulkan bayangan atau cahaya yang mengganggu.

Beralih ke bagian belakang, desainnya sangat khas dari lini Samsung Odyssey, terlihat futuristik dengan logo di sisi kiri. Terdapat lampu RGB melingkar yang disebut Samsung sebagai Core Lighting +.

Di tengah area yang dikelilingi lampu RGB tersebut, terdapat VESA Mount berukuran 100 x 100 mm yang berguna jika ingin memasang monitor ini di dinding menggunakan bracket yang sudah disediakan atau memasangnya ke tiang penyangga.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Di area bawah lampu RGB, terdapat I/O Cover yang jika dibuka, kita bisa melihat beberapa konektor monitor, antara lain:

  • Input Daya
  • 1x Port Mini Display Port 1.4
  • 1x Port Micro HDMI 2.1
  • 2x Port USB 3.1 Gen 2 Type-C

Di area yang sama, juga terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol navigasi lima arah.

Monitor ini juga diklaim mampu menghadirkan kualitas warna dan pengalaman True Black yang sejati untuk akurasi dan kecerahan warna maksimum, semuanya tanpa filter warna.

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Pencahayaan dikontrol pada piksel-piksel secara individual, sehingga dapat menampilkan warna hitam dengan rasio kontras hampir tak terbatas.

Selain itu, Odyssey OLED G8 dilengkapi dengan port Micro HDMI (2.1), Mini DP (1.4), dan USB-C untuk konektivitas yang serbaguna, serta speaker stereo 5W untuk suara yang jernih.

Semuanya dirancang setipis 3,9 mm pada bagian tertipisnya, sehingga Odyssey OLED G8 diklaim sebagai monitor paling tipis di kelas produknya.

Oh ya, monitor yang diperkuat dengan teknologi AMD FreeSync Premium Pro ini juga dijamin memberikan kenyamanan saat memainkan gim favorit, berkat fungsi Height Adjustable Stand (HAS) dan fungsi Tilt untuk kenyamanan ergonomis.

Harga dan Ketersediaan Samsung Odyssey G8 OLED

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Dari segi harga, Monitor Samsung Odyssey G8 OLED ini terbilang worth it jika mengingat semua kemudahan yang diberikan hanya dengan satu buah monitor secara independen.

Monitor serba bisa ini dibandrol dengan harga 21 jutaan yang sudah termasuk dengan garansi resmi untuk melindunginya dari segala faktor yang dapat merugikan pengguna.

Ketersediaan monitor pintar ini pun sudah merata di Indonesia dan mudah untuk didapatkan. Salah satu penyedianya yaitu pada e-commerce seperti toko Komputer Medan di Tokopedia dan Shopee ini.

Komputer Medan menyediakan berbagai jenis kebutuhan digital yang dibutuhkan, termasuk Monitor Samsung Odyssey G8 OLED ini. Jika kamu merupakan salah satu orang yang ingin memiliki monitor gaming ini, maka kamu dapat langsung mengakses link berikut di saluran resmi KomputerMedan:

Review Samsung Odyssey G8 OLED

Demikian ulasan mengenai beberapa fitur terbaik yang diberikan oleh monitor pintar keluaran Samsung ini. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi pembaca.


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: