Review Casing Metalfish G5 Plus

Review Casing Metalfish G5 Plus, Casing PC Keren Berbahan Metal dari Metalfish

Pada artikel kali ini, tim Komedia akan mengupas review casing Metalfish G5 Plus yakni jajaran casing PC berbahan metal terbaru dari Metalfish!


Halo Sobat Komedia! Kali ini kita kembali kedatangan produk casing PC terbaru dari Metalfish dengan tipe G5 Plus nih! Penasaran sekeren apa casing PC terbaru dari Metalfish yang satu ini? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Spesifikasi Casing Metalfish G5 Plus

Review Casing Metalfish G5 Plus

Nah sebelum kita mengenal berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh casing PC Metalfish G5 Plus ini, penting untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi lengkap dari produk ini.

Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan penilaian awal sebelum memutuskan lebih lanjut untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan.

Sebagai gambaran, berikut adalah spesifikasi dari casing Metalfish G5 Plus yang membuatnya tampak unik dibandingkan dengan perangkat sejenis di kelasnya, yaitu:

  • Color: Silver
  • Net Weight:2.4kg
  • Package Weight: 2.71kg
  • Size: 320*140*300mm
  • Package Size: 420*230*360mm
  • Radiator: Within 6cm Height
  • 120/240 Water Cooling
  • Case Fan:Support 4*12cm Fan
  • Material: 3.0mm Aluminum Alloy + 3mm Acrylic Side Panel
  • Graphics Card: Within 300mm Length
  • Motherboard: Mini-ITX Motherboard, 17*17CM
  • PSU: SFX Power Supply
  • HDD Support: 2.5 HDD *2
  • 3.5 HDD *1
  • Expansion: Chassis Support USB3.0 *2 Ports

Review Casing Metalfish G5 Plus 

Review Casing Metalfish G5 Plus

Pertama kita mulai dari visual body dari casing PC ini ya. Bodi dan material dari casing PC ini sudah sangat premium, tak tanggung-tanggung mereka menggunakan bahan aluminium dan metal menjadi satu ke dalam casing Metalfish G5 plus ini.

Untuk bobotnya juga tidak berat yakni hanya sekitar 2,4 kg saja untuk berat casing-nya saja dan 2,7 kg untuk berat total produk dan boks packaging-nya.

Review Casing Metalfish G5 Plus

Lanjut ke bagian slot yang tersedia disini terdapat slot radiator berukuran 6cm serta slot 120/240 untuk water cooling-nya. Casing ini juga sudah support fan berjumlah 4 slot fan berukuran 12cm. Untuk slot kartu grafisnya juga sudah support ukuran 300mm di dalamnya.

Di sisi lain, slot motherboard-nya juga sudah support tipe Mini-ITX Motherboard, 17×17 cm. Untuk PSU slotnya juga sudah support SFX power supply.

Nah  untuk slot HDD-nya sudah mendukung 2.5 HDD sebanyak 2 slot., lalu ada slot 3.5 HDD 1 pc dan slot expansion-nya yang sudah Chassis Support USB 3.0 sebanyak 2 Ports.

Review Casing Metalfish G5 Plus

Berbicara soal SFX dan PSU, tahukah kamu bahwa dalam dunia PC ada tiga macam ukuran PSU komputer?

  1. ATX PSU ATX mempunyai ukuran P x T x L = 150 mm x 86 mm x 140 mm digunakan untuk casing Full ATX, MATX
  2. SFX-L mempunyai ukuran P x T x L = 125 mm x 63.5 mm x 125 mm hanya untuk Mini ITX
  3. SFX mempunyai ukuran P x T x L = 125 mm x 51.5 mm x 100 mm hanya untuk Mini ITX.

Review Casing Metalfish G5 Plus

Sebenarnya PSU SFX-L dan SFX adalah turunan dari PSU ATX, namun diperkecil sesuai ukuran casing. Yang menentukan apakah kamu akan menggunakan PSU SFX-L dan SFX adalah casing yang dipilih.

SFX-L dan SFX mempunyai ukuran panjang yang sama yaitu 125 mm, sedangkan tinggi dan lebarnya berbeda namun selisihnya tidak banyak.

Jika menggunakan casing Mini ITX dengan PSU SFX-L maka akan terlihat padat karena penuh dengan PSU, namun bila menggunakan SFX maka space akan terasa lebih longgar.

Review Casing Metalfish G5 Plus

Nah, lebih dalam lagi ketika bahas mini-ITX Motherboard, tahukah kamu bahwa dalam dunia PC juga ada tiga jenis motherboard berjenis ATX? Langsung saja, mereka terdiri dari:

  • Motherboard ATX
    Form factor motherboard ATX diciptakan oleh Intel di tahun 1995. Selama 25 tahun, motherboard jenis ini masih mendominasi PC di rumah maupun perkantoran. Versi lebih besarnya lagi dieknal dengan jenis EATX.
    Melihat perbandingan ketiganya, motherboard form factor ATX adalah yang terbesar. Ukurannya sekitar 12 x 9,6 inci. Model motherboard ini banyak dijumpai di pasaran.
  • Motherboard MicroATX
    Motherboard jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dari ATX. Ukuran motherboard MicroATX adalah 9,6 x 9,6 inci. Sama seperti motherboard ATX, jumlah port atau slot untuk berbagai komponen masih sangat banyak. 
    Jumlah port yang banyak memungkin PC yang menggunakan memiliki spesifikasi lebih tinggi. Bagi yang menginginkan PC dengan ukuran ringkas bisa mengandalkan motherboard MicroATX.
  • Motherboard Mini-ITX
    Kini masuk ke ukuran yang terkecil yaitu 6,7 x 6,7 inci. Motherboard jenis Micro-ITX pertama kali diperkenalkan pada 2001 oleh Via Technologies. Motherboard Micro-ITX ditujukan bagi pengguna yang ingin memiliki PC sangat mungil. Konsekuensinya adalah jumlah port atau slot di atasnya jauh lebih sedikit.

Setelah mengetahui perbedaan ketiganya, harus diingat bahwa komponen yang terpasang harus disesuaikan antara ukuran motherboard dan sasis PC yang digunakan.

Harga dan Ketersediaan Casing Metalfish G5 Plus 

Review Casing Metalfish G5 Plus

Setelah kita menyimak banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh casing Metalfish G5 Plus di atas tentu membuat banyak orang menyangka bahwa harga yang ditawarkan pasti cukup merogoh kantong.

Kabar baiknya, Casing Metalfish G5 Plus ini menjadi salah satu jenis casing dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya yaitu sekitar Rp. 1,3 jutaan saja.

Kini kamu sudah bisa mendapatkan casing PC Metalfish G5 Plus secara mudah dengan harga terbaik di KomputerMedan Official serta terjamin 100% original dan dapat diakses pada link berikut ini:

Review Casing Metalfish G5 Plus


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: