Review ASUS Webcam C3

Review ASUS Webcam C3, Webcam Terbaik dari ASUS Berkualitas Full HD 1080p

Bingung mencari perangkat webcam bagus untuk mendukung produktivitasmu? Yuk temukan jawabanmu dari artikel review ASUS Webcam C3 berikut ini!


Bukan rahasia lagi bahwa tingkat persentase orang yang bekerja dari rumah maupun mereka yang bekerja secara hybrid antara kantor dan rumah, telah meningkat secara drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Aplikasi seperti Slack, Microsoft Teams, Zoom, dan lainnya telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang, sehingga diperlukannya perangkat keras audio-visual untuk dipasangkan pada laptop atau desktop untuk bisa berproduktif dari rumah.

Mulai dari headset hingga kamera dan mikrofon khusus, salah satu perangkat tambahan yang paling dicari untuk kerumunan WFH tentunya adalah webcam siap pakai.

Nah pada artikel kali ini, tim Komedia punya satu rekomendasi webcam bagus dari ASUS dengan tipe Webcam C3. Buat kamu yang memang sednag mencari webcam untuk laptop atau PC, kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya.

Spesifikasi ASUS Webcam C3

Review ASUS Webcam C3

  • Usage Scenario: Gaming, Multimedia
  • Interface: Wired
  • Connector: USB-A
  • Support Platform: PC, MAC
  • AI Noise Cancelling Microphone: No
  • Focus type: Fixed focus
  • Video resolution: 1080p @ 30FPS (2 Megapixel)

Review ASUS Webcam C3

Review ASUS Webcam C3

Aspek Desain

Dalam hal webcam, spesifikasi video seringkali menjadi hal pertama yang kita cari. Resolusi, kecepatan frame rate, dan hal lain yang berkaitan dengan penyandian video digital.

Dari segi spesifikasi, ASUS Webcam C3 ini cukup sederhana dengan resolusi video 1080p dan 30 fps sebagai targetnya. 2 megapiksel dalam istilah kamera, tetapi dengan itu, kita memiliki sudut pandang lebar 78 derajat dan keuntungan dari pendekatan plug-and-play yang mudah saat memasang kamera ini.

Lalu disertakan juga sebuah Klip yang dapat disesuaikan membuatnya mudah diletakkan di atas layar, dengan kamera itu sendiri dapat berputar 360 derajat penuh secara horizontal.

Anehnya, tidak ada kemiringan vertikal di luar memindahkan klip/braket. Klip ini juga dilengkapi tempat untuk terhubung langsung ke tripod, yang merupakan tambahan yang bagus – meskipun agak standar dengan sebagian besar webcam siap pakai yang berorientasi pada anggaran.

Dari segi desain, kita memiliki webcam berpenampilan standar yang dapat dicolokkan ke PC atau laptop, lalu diletakkan di atas layar.

Mengingat seri Webcam C3 ini berasal dari ASUS, namun sejauh ini tidak ada driver ataupun software resmi untuk melakukan konfigurasi pada kualitas gambar.

Namun, sifat plug-and-play yang ditawarkan webcam ini tentu bekerja dengan sempurna (dan instalasi telah diuji pada desktop dan laptop) dengan Webcam C3 dikenali sebagai ‘Kamera USB’ generik.

Salah satu ciri khas kualitas video ASUS Webcam C3 adalah gambarnya yang cerah, saturasi warna, dan fokus lembut secara keseluruhan.

Gambarannya seperti apa adanya, kalibrasi out-of-the-box yang tidak dapat kita mainkan di luar tweaker apa pun yang dilakukan di atas sinyal video default oleh aplikasi pihak ketiga, sehingga mungkin tidak terlalu cocok untuk beberapa orang.

Jika kamu memiliki ruangan yang sangat terang, gambarnya mulai terlihat terlalu pudar.

Review ASUS Webcam C3

Konon, kecerahan dan fokus lembut membuatnya cocok untuk konferensi video dan aplikasi seperti Zoom, di mana, jujur saja, fokus yang lebih lembut akan lebih disukai oleh kebanyakan orang. Gambar sebagian besar bebas noise, yang merupakan nilai tambah yang pasti.

Selain itu, bagian lain dari persamaan video hadir dengan sudut pandang lebar, 78 derajat, yang setara dengan rasio aspek sinematik 1,78. Ini lebih lebar dari biasanya untuk webcam dan sesuatu yang lebih karena memungkinkan beberapa speaker terlihat, bahkan ketika ditempatkan di jarak dekat.

Aspek Mikorofon

ASUS Webcam C3 ini sudah dilengkapi dengan dua mikrofon internal dengan teknologi beamforming, yang dimana fitur ini mampu mengurangi kebisingan internal dan kemampuan untuk menangkap beberapa speaker.

Teknologi Beamforming ini juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bagaimana audio direkam dengan meningkatkan sensitivitas mikrofon dari arah yang berbeda, sehingga suara yang dihasilkan mic ini menjadi lebih clear meskipun jaraknya jauh dari sumber mic nya.

Harga dan Ketersediaan ASUS Webcam C3

Review ASUS Webcam C3

Menurut kami ASUS Webcam C3 ini adalah webcam off-the-shelf yang memiliki tampilan dan nuansa khas webcam, dan hadir dengan semua kemudahan penggunaan plug-and-play yang dibawa oleh gaya kamera ini.

Meskipun mendukung video 1080p 30FPS, kalibrasi, fokus tetap, dan sudut lebar membuatnya lebih cocok untuk aplikasi konferensi seperti Zoom dan platform obrolan seperti Discord.

Berbeda dengan menjadi kamera yang dapat berfungsi sebagai alat streaming atau pembuatan konten level pemula bagi mereka yang ingin mencoba sisi kreatif produksi video.

Ini tercermin dalam kualitas mikrofon, yang cukup bagus untuk Zoom tetapi kurang dalam detail frekuensi rendah yang lebih halus.

Semua ini tercermin dalam harga, dan ASUS Webcam C3 menjadi pilihan yang terjangkau bagi mereka yang ingin meningkatkan kamera laptop mereka atau mengambil webcam yang layak untuk obrolan video dan panggilan Zoom.

Fokus default dan kualitas gambar mungkin menurun di ruangan yang sangat terang, tetapi fokus lembut dan saturasi membuat pengalaman webcam yang bagus.

Nah itulah spesifikasi dan review lengkap dari webcam ASUS Webcam C3 dengan fitur dan material yang sangat mendukung video konferensi harian kamu sehingga dapat menjadi webcam andalan untuk PC kesayangan.

Review ASUS Webcam C3

Apabila kamu jadi tertarik untuk membeli webcam ASUS Webcam C3 ini, maka kamu bisa membelinya dengan mudah di toko KomputerMedan yang terjamin kualitasnya melalui link berikut ini:

Terlebih, jika kamu merupakan seorang gamers ataupun pekerja kantoran yang membutuhkan kualitas webcam yang sangat jernih, tentu webcam ASUS Webcam C3  ini dapat menjadi pilihan yang tepat.


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: