Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Pssttt, kabarnya ASUS kembali merilis keyboard gaming terbaru lho, yuk simak artikel review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth!


Halo Sobat Komedia! ASUS kembali menggemparkan satu hal lagi nih. Bersamaan dengan mousepad dan mouse hasil kolaborasi dengan Aim Lab, ASUS ROG merilis keyboard mekanikal kustom perdana mereka yaitu ASUS ROG Azoth!

Kurang lengkap rasanya kalau mouse dan mousepad hasil kerja sama dengan Aim Lab saja yang diperkenalkan, oleh karena itu ASUS ROG melengkapinya dengan menghadirkan keyboard di dunia yang sedang naik daun, yakni keyboard mekanikal kustom bernama ROG Azoth.

ROG Azoth menjadi keyboard mekanikal kustom pertama dari brand gaming ASUS ROG yang menawarkan banyak kelebihan dan build unik dibandingkan kita harus merakit sendiri.

Para pengguna dan fans ASUS ROG yang berkecimpung di dunia keyboard kustom patut bangga dengan kehadiran keyboard satu ini karena pada akhirnya, ASUS ROG ikut terjun di ranah tersebut.

Meski menghadirkan berbagai fitur yang diklaim menarik, apakah ASUS ROG Azoth merupakan pilihan bijak untuk menjadi daily driver keyboard kustom dibandingkan harus merakit sedari awal?

Yuk simak review ASUS ROG Azoth berikut ini!

Spesifikasi ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

  • AURA Sync: Yes
  • Anti-Ghosting: N Key Rollover
  • Macro Keys: All Keys Programmable
  • USB Report rate: 1000 Hz
  • RF 2.4G Report rate: 1000 Hz
  • USB Pass through: NA
  • Cable: 2M USB type A to C braided cable
  • OS: macOS® 10.11 or later, Windows® 11
  • Software: Armoury Crate
  • Dimensions: 326 x 136 x 40 mm
  • Weight: 1186g PBT keycaps without cable
  • Color: Gunmetal

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Aspek Visual dan Fitur

Hal menarik yang pasti pertama kali menjadi pusat perhatian keyboard ini ialah bagian pojok kanan yang merupakan OLED, bukan LED lagi.

Tidak seperti kebanyakan keyboard konvensional yang justru menaruh knob pada bagian tersebut, justru ROG memberikan layar OLED berukuran kecil untuk sebagai tampilan pengaturan berbagai macam fitur keyboard, mulai dari tingkat pencahayaan backlit RGB, volume, multimedia, hingga untuk mengatur mode RGB.

Peletakan OLED di pojok terlihat presisi di layout 75% keyboard yang tetap mengusung tombol panah sekaligus Insert, Del, PgUp, dan PgDn di sisi kanan keyboard.

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Ukuran 75% keyboard pun tidak berbeda jauh dengan yang ada di luar sana. Hanya saja dengan kondisi tombol panah dan 4 tombol di sisi kanan yang tidak rapat membuat ukuran keyboard yang semakin lebar.

Hal tersebut mungkin disengaja agar peletakan layar OLED bisa pas dan tidak tumpang tindih.

Di samping layar OLED ini terdapat tombol yang bisa ditarik maupun didorong layaknya lever atau tuas, dan tombol samping. Secara default, logo ROG yang dianimasikan akan selalu muncul di layar OLED.

Kita bisa mengatur berbagai macam hal dengan cara menekan dari samping tombol OLED-nya. Jika ingin mengubah konfigurasi di fitur tertentu, tinggal tarik atau dorong tuas yang tersedia.

Tombol OLED sangat enteng ketika dipencet maupun ditarik meskipun agak goyang sedikit.

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Rincian ukuran keyboard di panjang 32cm, lebar 13.6cm, dan ketebalan di 4cm ini memiliki bobot yang di atas rata-rata, yakni 1186g atau 1.18kg total berat keyboard.

Untuk sebuah keyboard, bobot tersebut sudah termasuk cukup berat dan cukup tebal dikarenakan material keyboard pun mengusung plastik di case luarnya, dan alumunium alloy untuk top-plate nya. ROG Azoth sendiri hanya memiliki varian warna Gunmental ya.

Khusus untuk setiap keycaps dan lapisan dalamnya, ASUS Azoth ini juga sudah terbuat dari three-layer dampening foam dan metal top cover, sehingga sudah di desain agar digunakan sangat nyaman dan minim suara berisik ketika digunakan untuk mengetik.

Nah buat kamu yang ingin mencabut dan memasang setiap keycaps nya, ASUS Azoth ini tentu bisa, karena setiap keycaps-nya sudah disempurnakan dengan fitur hot-swappable switch.

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Dengan fitur hot-swappable switch ini, kamu hanya tinggal mencopot switch yang ada dan menggantinya dengan switch yang diinginkan tanpa harus membongkar ulang seluruh tombol keyboard-nya lho!

Fitur lainnya adalah keyboard ini juga sudah disertakan stabilizer juga. Sesuai namanya, stabilizer berfungsi untuk menstabilkan tombol spasi pada keyboard.

Yang distabilkan adalah tekanan aktuasinya. Jadi, saat tombol ditekan ke bawah, baik oleh jempol kanan maupun kiri, tekanan ke bawah akan rata di semua tombol spasi sehingga tidak mengetuk satu sisi saja.

Aspek Konektivitas

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Koneksi tiga mode ROG Azoth patut diberi apresiasi karena memberikan banyak pilihan bagi pengguna, dan membuat keyboard dapat disambungkan ke 2 device sekaligus.

Ketika device pertama disambungkan melalui Bluetooth, dan device kedua melalui wireless 2.4GHz, kita bisa switch dan berpindah-pindah dari satu device ke device lain. Bluetooth ROG Azoth sendiri bisa mendukung 3 device sekaligus secara bersamaan.

Bukan hanya wireless, tapi keyboard ini tentunya mendukung wired dengan kabel paracord di paket penjualan di mana port USB-C keyboard terdapat di bagian depan.

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Agar efisien juga, USB dongle wireless 2.4GHz keyboard memiliki slot pada bagian depan dan di dekat tombol slide koneksi. Icon logo koneksi di atas tombol slide mewakilkan 3 mode koneksi keyboard, yakni wireless 2.4GHz atau (disebut sebagai ‘SpeedNova Wireless’), wired, dan wireless Bluetooth.

Input lag atau delay yang ditimbulkan mode 2.4GHz atau teknologi SpeedNova keyboard ini sangat minim dan tidak ternotis sama sekali.

ROG sendiri mengklaim bahwa latensi SpeedNova berada di 0.7ms yang artinya sangat cepat sekali—meski tidak secepat wired tentunya.

Harga dan Ketersediaan ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth

Review ASUS Keyboard Gaming ROG Azoth, Lini Keyboard Terbaru dari ASUS

Nah, bagaimana? Keren kan ASUS ROG Azoth ini? Kalau kamu tertarik untuk membelinya tapi masih bingung mau beli di mana, kamu bisa mendapatkannya secara asli dan bergaransi di saluran resmi KomputerMedan melalui tautan Tokopedia dan Shopee di bawah ini ya!

Nah, itu dia review ASUS ROG Azoth yang bisa memberikan kenyamanan kamu untuk mengetik sehari-hari.


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: