Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi, Motherboard Super Gahar dan Terlengkap dari ASROCK!

Pada artikel kali ini tim Komedia akan mengupas review ASROCK B650E Steel Legend WiFi, yakni motherboard tergahar dan terlengkap dari ASROCK!


Hai Sobat Komedia! Kali ini kita mau me-review barang-barang “sangar” lagi nih. Pasti sudah bisa ditebak produknya apa nih. Yes, motherboard!

Motherboard kali ini bisa dikatakan sangat sangar! Brand yang akan kita review kali ini juga berbeda dari brand-brand lain yang biasa kita review. Perkenalkan ini adalah ASROCK B650E Steel Legend WiFi!

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Dalam ulasan kali ini, kita akan melihat ASROCK B650E Steel Legend WiFi yang ditujukan khusus untuk para gamer PC yang ingin melakukan overclocking.

ASROCK ini hadir dengan berbagai lini produk motherboard AMD, mulai dari flagship X670E Taichi Carrara hingga seri B650 Phantom Gaming (PG) dan Steel Legend untuk memenuhi kebutuhan setiap jenis konsumen.

Penasaran kehebatan apa saja yang dipunyai si ASROCK B650E Steel Legend WiFi ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

Spesifikasi ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Sebelum mengenal berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh motherboard ASROCK B650E Steel Legend WiFi ini, maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi lengkap dari produk ini.

Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan penilaian awal sebelum memutuskan lebih lanjut untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan.

Sebagai gambaran, berikut adalah spesifikasi dari motherboard ASROCK B650E Steel Legend WiFi yang membuatnya tampak unik dibandingkan dengan perangkat sejenis di kelasnya, yaitu:

CPU Support: Supports AMD Socket AM5 Ryzen 7000 Series Processors
Power Design: CPU Power:16-phase (60 A)
SoC Power: 2-phase (60 A)
VDD_MISC: 1-phase (60 A)
Chipset: AMD B650E
Integrated Graphics: Dependent on installed CPU
DisplayPort 1.4
HDMI 2.1
Memory: Supports DDR5 memory up to 6400+(OC)
4x DDR5 DIMM Slots, supporting up to 128GB
Support for non-ECC, un-buffered memory
Support for AMD EXPO and Intel XMP Profiles
Expansion Slots: 1x PCIe 5.0 x16 slot
1x PCIe 3.0 x16 slot (x4 Mode)
Storage: 2x SATA 6 Gb/s ports (B650E Chipset)
1x M.2 Sockets (PCIe Gen 5 x4)
2x M.2 Sockets (PCIe Gen 4 x4)
Networking: 1x Dragon RTL8125BG 2.5G LAN
1x AMD Wi-Fi 6E (Mediatek)
Rear Ports:
  • 2x Antenna Ports
  • 1x HDMI Port
  • 1x DisplayPort 1.4
  • 1x USB 3.2 Gen2 Type-A Port (10 Gb/s)
  • 1x USB 3.2 Gen2 Type-C Port (10 Gb/s)
  • 4x USB 3.2 Gen1 Ports (5 Gb/s)
  • 2x USB 2.0 Ports
  • 1x RJ-45 LAN Port
  • 1x BIOS Flashback Button
  • 1x Line Out Jack (Gold Audio Jack)
  • 1x Microphone Input Jack (Gold Audio Jack)
  • 1x Optical SPDIF Out Port
Audio: Realtek ALC897 Codec
7.1 CH HD Audio
Nahimic Audio
Fan Headers: 1x CPU 4-Pin
1x CPU/Pump_Fan 4-Pin
4x System Fan 4-Pin
Power Connectors: 1x 24-Pin ATX
2x EPS 8-Pin
Form Factor: ATX Form Factor: 30.5 CM x 24.4 CM
Unique Features:
  • PCIe Gen 5 (Graphics, M.2)
  • Blazing M.2 Gen 5 Fan Heatsink
  • Dual Channel DDR5
  • 8-Layer PCB
  • Flexible Integrated I/O Shield
  • Nichicon 12K Caps
  • BIOS Flashback Button
  • ASRock Auto Driver Installer

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

ASROCK B650E Steel Legend WiFi ini dikonfigurasikan dengan VRM 16+2+1 dengan chip PCIe Gen 5 untuk kartu grafis terbarukan yang akan memanfaatkan bandwidth tambahan.

Kami merasa brand ASROCK ini menjaga titik harga agar tetap terkendali, tetapi tetap mengupayakan kualitas dengan PCB 8-Lapisan dan banyaknya port USB yang disediakan.

Untuk melengkapi semuanya, ini juga dilengkapi konektivitas hebat dengan WiFi 6E dan 2.5G LAN bagi mereka yang perlu mentransfer data dengan cepat.

Aspek Visual

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Yuk kita lihat bagian box packaging-nya. Pada bagian boksnya, ASROCK B650E Steel Legend WiFi ini memiliki tema kamuflase dengan pola putih dan abu-abu yang sangat keren.

Bagian depan kotak dengan jelas menunjukkan apa yang kamu beli dengan nama produk yang ditulis dengan warna hitam dan kontras dengan latar belakang kamuflase.

Kalu kamu tidak yakin chipset mana yang digunakan motherboard AMD ini, di sudut kanan bawah sudah tertera merek AMD yang dengan jelas menyatakan B650E dengan teks lebih kecil di bawah yang menyatakan bahwa chipset tersebut sudah mendukung proses overclocking, PCIe Gen 5 dan DDR5.

Di belakang kotaknya ada tertera beberapa fitur yang disorot termasuk sistem power deliver 16+2+1, soket Blazing M.2, slot PCIE dan DIMM yang diperkuat, dan dukungan WiFi 6E. Di bawah highlightnya ada tabel spesifikasi dengan diagram bagian IO Belakang juga.

Aspek Board Layout

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Sesuai dengan tema kamuflase yang sama dengan warna kotaknya, heatsink B650E Steel Legend WiFi dan PCB ini menggunakan pola yang sama.

Motherboard ini memiliki 3 variasi warna yang berbeda; salah satunya adalah abu-abu gunmetal untuk heatsink, putih untuk IO Belakang dan tentu saja pola kamuflase bagian keseluruhan bodinya. Bagian belakang motherboard ini sangat mendasar.

Tidak ada pelat belakang untuk kekuatan PCB ekstra untuk mencegah kelenturan dengan kartu grafis yang lebih berat, yang dapat berfungsi ganda sebagai pelindung bahaya dari kerusakan yang tidak disengaja.

Perubahan AMD pada soket juga disertai dengan beberapa tantangan kompatibilitas. Banyak merek yang saat ini menjual pendingin CPU AM4 sudah memiliki kompatibilitas ke depan, tetapi tidak semua akan berfungsi.

Yang berubah adalah pelat belakang, yang sebelumnya dilepas untuk soket AM4 (PGA), dan sekarang menjadi bagian integral dari soket AM5 (LGA) baru ini. Ini berarti setiap pendingin yang memiliki pelat belakangnya sendiri sebagai bagian dari pemasangan tidak akan kompatibel, kecuali adaptor tersedia dari pabrikan.

ASROCK B650E Steel Legend WiFi ini memiliki empat zona potensi konflik, dengan jelas menjadi dua bagian VRM di bagian atas dan kiri soket CPU AMD. Di bawah adalah heatsink M.2 dan di sebelah kanan adalah slot DIMM. Ini berarti pendingin udara yang dimaksud harus cukup kompak agar sesuai dengan ruang yang disediakan atau cukup tinggi untuk menghindari benturan dengan heatsink dan memori sistem di sekitarnya.

ASROCK B650E Steel Legend WiFi memiliki dua slot PCIe, dengan yang pertama adalah Gen 5 x16 dan diperkuat untuk dukungan tekanan ekstra. Slot PCIe kedua juga secara fisik x16, tetapi terhubung secara internal untuk x4 dan hanya akan beroperasi dalam mode PCIe x4 Gen 3 terlepas dari prosesor AMD atau jumlah soket M.2 yang terisi.

Di atas slot PCIE x16 Gen 5 terdapat satu soket yang kompatibel dengan M.2 Gen 5 x4 yang terhubung langsung ke CPU. Di bawah slot PCIe bawah terdapat dua soket Gen 4 x4 M.2 yang disalurkan melalui chipset B650. Ini semua memiliki heatsink yang memberikan pendinginan pasif.

ASROCK B650E Steel Legend WiFi juga menyertakan LED startup untuk pemecahan masalah yang lebih mudah.

Harga dan Ketersediaan ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Review ASROCK B650E Steel Legend WiFi

Banyaknya kelebihan dan hal-hal keren yang ditawarkan oleh motherboard ASROCK B650E Steel Legend ini tentu membuat banyak orang menyangka bahwa harga yang ditawarkan sangatlah mahal.

Kabar baiknya, motherboard ASROCK B650E Steel Legend menjadi salah satu motherboard dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya yaitu sekitar Rp 5 jutaan.

Dalam rentang harga segitu selain mendapatkan 1 unit motherboardnya, kamu juga sudah mendapatkan aksesoris lainnya seperti:

  • 1x ASRock B650E Steel Legend WiFi User Manual
  • 2x Serial ATA (SATA) Data Cables
  • 1x ASRock WiFi 2.4/5/6 GHz Antenna
  • 3x Screws for M.2 Sockets
  • 1x Standoff for M.2 Socket
  • 1x Graphics Card Holder

Nah kini kamu sudah bisa mendapatkan motherboard ASROCK B650E Steel Legend secara mudah dengan harga terbaik di KomputerMedan Official serta terjamin 100% original dan dapat diakses pada link berikut:


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: