intel raptor lake
Credit: Intel

Intel Raptor Lake: Chip Intel Generasi ke-13 yang Sangat Kuat dan Mumpuni

Berbicara soal Intel pasti yang terbesit di benak kita adalah sebuah brand besar yang menjual chip atau prosesor pada sebuah komputer yang terus berinovasi di setiap masanya. Ya, Intel Corporation adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan chip semikonduktor.

Produk utamanya adalah komputer dan perangkat pribadi, prosesor, motherboard, chipset, produk Ethernet, nirkabel, solid state drive, dan jenis produk lainnya. Intel awalnya didirikan pada tahun 1968 di Mountain View, California oleh Gordon E. Moore, Robert Noyce, dan Arthur Locke.

Nama Intel itu sendiri merupakan gabungan singkatan dari Integrated Electronics.

Perbandingan Raptor vs Alder Lake

Dari segi performa

Chip Raptor Lake dibangun di atas proses Intel 7, yang merupakan proses yang sama dengan prosesor generasi terakhir Alder Lake. CPU baru memiliki inti Kinerja (P-core) dan Efisiensi (E-core), yang membantu membagi beban kerja untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Core i9-13900K memiliki 24 core yang terbagi menjadi delapan P-core dan 16 E-core, sedangkan model Core i5 13600 memiliki 14 core (6P dan 8E).

Jumlah P-core tetap sama seperti di Alder Lake tetapi seluruh lini memiliki lebih banyak E-core daripada gen terakhir – mendarat di empat E-core tambahan untuk chip Core i5 dan Core i7 dan delapan lagi E-core untuk Core i9.

Intel mengklaim CPU dapat memberikan kinerja single-threaded hingga 15 persen lebih baik dan kinerja multi-threaded hingga 41 persen.

Dari segi grafis dan performa gaming

Perbandingan langsung belum dapat dilakukan karena beberapa tech enthusiast belum menguji kinerja game yang dijalankan oleh Raptor Lake.

Intel mengklaim Core i9-13900K setara dengan kinerja 12900K pada daya 65W. Mereka juga mengklaim bahwa model baru hingga 37% lebih cepat dengan penarikan daya 241W yang sama. Intel menjanjikan bahwa chip 24-core dapat memberikan frame per second (FPS) yang lebih tinggi.

Intel juga mengatakan bahwa Core i9-13900K 5% lebih cepat daripada rekan generasi terakhirnya di lebih dari setengah dari 32 game yang diuji dan hingga 25% lebih cepat di game lain.

Dari segi harga

Prosesor Intel Core generasi ke-13 akan diluncurkan pada 20 Oktober 2022. Lini ini akan terdiri dari tiga model: Core i5-13600, Core i7-13700, dan Core i9-13900 andalan. Intel mengatakan pada akhirnya mereka akan merilis 22 CPU desktop Raptor Lake.

Harga tetap sama dengan chip Alder Lake. Satu-satunya chip yang mengalami kenaikan harga adalah Core i5-13600K seharga $319, yang harganya $20 lebih mahal daripada Core i5-12600K.

Varian KF yakni seharga $294 melihat kenaikan harga $30 dari versi pendahulunya. Data tersebut mencatat bahwa semua ini adalah harga yang disarankan Intel. Mungkin saja beberapa pengecer mengenakan biaya lebih untuk CPU.

Poin terakhir tentang harga patut dipertimbangkan karena biaya chip Alder Lake telah meningkat karena kekurangan semikonduktor global.

Berdasarkan penelusuran kami terhadap situs-situs seperti Amazon dan Best Buy, harga untuk chip Intel generasi terakhir tampaknya sekitar $20-30 lebih mahal daripada saat diluncurkan – meskipun beberapa vendor masih menjual dengan MSPR asli.

Peluncuran Prosesor Intel Generasi ke-13

intel
Credit: Intel

Intel baru-baru ini meluncurkan prosesor Intel Core Generasi ke-12 yang menawarkan kombinasi core performa dan efisiensi. Di tahun yang sama, Intel juga mengumumkan prosesor Raptor Lake Generasi ke-13 yang lebih baru.

Highlight Spesifikasi Intel Raptor Lake

Ada banyak spesifikasi dan detail menarik yang diungkapkan Intel pada acara peluncurannya. Namun sebelum kita membahasnya, mari kita lihat sekilas beberapa hal menarik dari Intel Generasi ke-13 ini:

  • Up to 24 cores (combination of P (performance) and E (efficient) cores) and 32-threads.
  • Intel Thread Director optimizes workloads by helping the OS distribute loads to optimal cores.
  • Intel Core i9-13900K is the “world’s fastest gaming CPU” with a 5.8GHz clock speed on the P-cores.
  • DDR4 3200 and DDR5 5600 support.
  • PCIe 4.0 (up to 4 lanes) and PCIe 5.0 (up to 16 lanes) support.
  • P-cores, E-cores, graphics, and memory can be overclocked on Z690 and Z790 chipsets.
  • XMP 3.0 support.
  • Integrated graphics capable of driving 8K60 HDR video and four simultaneous 4K60 displays.
    Intel Killer Wi-Fi 6E.

Spesifikasi Intel Raptor Lake Generasi ke-13

CPU Generasi ke-13 ini didasarkan pada proses manufaktur Intel 7 yang sama dengan ‘Alder Lake’ Generasi ke-12 dan kali ini menggunakan Raptor Cove untuk memperbarui P-Core untuk peningkatan kinerja yang sangat kuat di kelasnya.

Jenis CPU ini juga diharapkan menjadi CPU terakhir berbasis manufaktur Intel 7 sebelum pindah ke Intel 4. Mirip dengan Alder Lake, Intel juga menampilkan desain hybrid P-Core dan E-Core, membuatnya lebih efisien dan dioptimalkan dengan menawarkan hingga 24 core secara total keseluruhannya.

Selain itu Intel 13th Gen juga memiliki dukungan RAM DDR5 5600MHz terbaru, meskipun ada perbedaan dengan AMD, Intel tetap memberikan dukungan RAM DDR4 3200MHz untuk CPU ini, dan tentunya ini untuk pengguna CPU Intel di masa depan.

Arsitektur Intel Raptor Lake Generasi ke-13

Secara teknis, Intel akan terus mengoptimalkan voltase yang tersedia saat frekuensi CPU ini meningkat secara signifikan, memungkinkan CPU Raptor Lake mencapai kecepatan clock yang lebih tinggi daripada Alder Lake. Ia juga memiliki 2MB cache L2 per inti, yang dua kali lipat dari Alder Lake.

Untuk mengakomodasi lebih banyak daya, Intel juga menggunakan chip yang lebih besar yang dapat menampung lebih banyak E-core, tetapi menggunakan teknik manufaktur yang sama seperti Alderlake.

Selain peningkatan CPU, Intel mengatakan terus men-tweak fitur seperti Intel Thread Director, yang membantu mengarahkan beban kerja ke core yang paling tepat saat dibutuhkan.

Hasil Performa Intel generasi ke-13

Tentu saja, perlu dicatat bahwa hasil pengujian yang diterbitkan oleh Intel bukanlah tolok ukur yang benar-benar dapat diandalkan 100%, mengingat variabel pengujian yang digunakan dapat bervariasi.

Namun menarik juga untuk membahas apa yang dijanjikan Intel. Melihat Intel Core i9 13900K, para tech enthusiast melihat peningkatan frekuensi 600MHz, yang tampaknya merupakan lompatan yang cukup besar dalam skenario pengujian game di beberapa game.

Peningkatan tidak selalu dramatis, terbatas pada 6% dalam beberapa kasus, tetapi beberapa game telah melihat peningkatan lebih dari 50%. Core i7 13900K mengungguli AMD Ryzen 9 5950X dalam beberapa tes game.

Harga & Ketersediaan

CPU Raptor Lake batch pertama akan diluncurkan pada 20 Oktober 2022. Intel mengatakan jajaran gen ke-13 ini mencakup total 22 prosesor mulai dari i5 hingga i9 dengan beberapa SKU yang tak memiliki iGP dan didukung Overclocking, dan berikut adalah daftar harganya:

  • Core i9-13900K — $590 / IDR 9 jutaan
  • Core i9-13900KF — $564 / IDR 8.7 juta
  • Core i7-13700K — $410 / IDR 6.3 juta
  • Core i7-13700KF — $385 / IDR 5.9 juta
  • Core i5-13600K — $320 / IDR 4.8 juta
  • Core i5-13600KF — $295 / IDR 4.5 juta

Kesimpulan

Intel Raptor Lake pada dasarnya adalah pembaruan untuk lini Alder Lake, jadi mungkin saja Intel tidak memerlukan banyak patch untuk menambahkan dukungan untuk chip generasi berikutnya. Ini bisa terjadi dengan Meteor Lake pada tahun 2023 dan akan menjadi pembaruan arsitektur yang lebih serius.

Chip Intel Alder Lake membuat gelombang kuat dalam hal komputasi dengan kinerjanya. Seperti yang telah disebutkan dalam ulasan Intel Alder Lake, chip baru tersebut menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dari generasi ke generasi untuk mengalahkan chip Ryzen yang bersaing.

Para tech enthusiast mengharapkan peningkatan bertahap pada chip Raptor Lake, tetapi pada titik ini akan menarik untuk melihat bagaimana mereka bersaing dengan seri Ryzen 7000 baru dan terpilih sebagai CPU game terbaik.

Masih banyak yang belum diketahui secara resmi tentang chip Intel baru ini, tetapi mudah-mudahan akan segera mendapatkan informasi lebih lanjut.

Dengan semua mata tertuju pada chip seri Ryzen 7000 AMD, akan menarik untuk melihat bagaimana kinerja pasar CPU dalam beberapa bulan mendatang.


Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini: