Laporan keuangan adalah salah satu fungsi yang sering digunakan oleh pengguna Microsoft Excel. Sebabnya adalah pembuatan laporan keuangan menjadi semakin mudah manakala memakai Excel.
Hampir seluruh perusahaan membuat laporan keuangan dari mulai laporan keuangan harian, laporan keuangan pekanan, laporan keuangan bulanan sampai laporan keuangan tahunan memang menggunakan Excel. Laporan keuangan bulanan kemudian yang paling sering menjadi acuan karena sudah merupakan rekapan tetapi rentangnya tidak terlalu jauh sampai setahun.
Memang mudah membuat laporan keuangan. Pun demikian belum tentu semua bisa, apalagi yang masih pemula sekali.
Untuk itulah kali ini, di artikel ini, akan dijelaskan cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula. Bisa dibilang cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula adalah sebuah langkah awal yang krusial untuk mengelola keuangan serta tentu saja pembuatan laporan keuangan secara lebih baik dan teratur karena dengan Excel, seorang pengguna dapat mencatat pemasukan, pengeluaran dan menghitung saldo secara otomatis tanpa harus melakukan penghitungan secara manual satu per satu.
Mengapa Perlu Membuat Laporan Keuangan Bulanan?
Sebelum kita masuk kepada tutorial cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula, kita membahas dulu raison d’ etre atau the reason atau alasan perlunya pembuatan laporan keuangan. Karena belajar tutorial atau belajar apapaun memang perlu sebuah motivasi.
Dengan mengetahui alasan mendasar, perlunya pembuatan laporan keuangan bulanan, maka seseorang akan menjadi lebih fokus dan bersemangat mempelajari serta membuatnya.
“Laporan Keuangan Bulanan” mungkin terdengar biasa saja dan sederhana, tetapi sesungguhnya memiliki manfaat yang sangat krusial bagi kelangsungan keuangan perusahaan bahkan dari lingkup terkecil yaitu, diri kita sendiri pribadi.
Begini, bayangkanlah sebuah kapal layar yang melaju di lautan lepas tanpa kompas serta peta, maka besar sekali kemungkinan kapal itu akan tersesat, lah wong kapal yang mempunyai peta, kompas dan sextant (alat untuk mengukur sudut astronomis), saja bisa nyasar apalagi yang tidak punya sama sekali.
Nah, laporan keuangan bulanan berperan persis seperti peta dan kompas tersebut. Alasan pertama pentingnya laporan keuangan bulanan adalah sebagai gambaran.
Dengan menyusun laporan keuangan bulanan, seseorang akan mendapatkan gambaran jelas tentang seberapa besar uang yang masuk dan keluar setiap bulannya.
Makanya penting bukan, bagi Anda yang pemula untuk mempelajari cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula. Atau masih belum menganggap penting? Kalau begitu, kita lanjutkan ke alasan kedua.
Alasan penting kedua adanya laporan keuangan bulanan adalah untuk mengekspos tren pengeluaran yang berlebihan. Tren pengeluaran berlebih yang sering terlewatkan dalam aktivitas harian akan terlihat begitu ada laporan keuangan bulanan.
Manakala seseorang membandingkan laporan bulan ini dengan bulan-bulan sebelumnya, misalnya, pola kenaikan biaya listrik atau biaya transportasi bisa terlihat.
Maka, hal tersebut adalah sebuah alarm peringatan untuk melakukan efisiensi atau langkah preventif lain agar pengeluaran tidak terus membengkak.
Ketiga, dengan data yang sudah terstuktur, menyusun anggaran tahunan menjadi jauh lebih mudah. Anda tidak perlu menebak-nebak, “Berapa banyak lagi yang harus saya cadangkan?” Karena angka-angka sudah jelas tersedia di laporan keuangan bulanan Anda.
Terakhir, menguasai cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula, sebenarnya adalah sebuah fondasi untuk membangun kebiasaan keuangan yang disiplin dan transparan. Kebiasaan ini lama-kelamaan akan membentuk pola pikir yang lebih strategis.
Persiapan Sebelum Memulai
Sebelum kita memulai belajar cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula, pastikan terlebih dahulu bahwa di laptop atau komputer kita telah:
- Memasang Microsoft Excel: Tentu saja yang pertama dan utama adalah apakah di perangkat sudah ter-install Microsoft Excel. Bahkan bukan sekadar ada, cek lagi versinya, karena versi yang outdate atau usang akan tidak bisa menggunakan fitur-fitur versi terbaru. Versi minimal yang direkomendasikan adalah Microsoft Excel versi tahun 2013.
- Ada Data Mentah Keuangan: Siapkanlah data mentah keuangan berupa bukti transaksi keuangan yang dilakukan seperti slip gaji, struk, invoice, dan sejenisnya.
- Punya Folder Khusus: Buatlah sebuah atau beberapa buah folder khusus untuk menyimpan file laporan keuangan agar mudah dicari pada kemudian hari. Serta tentu saja memudahkan jika dibutuhkan sewaktu-waktu, sehingga tidak perlu lama mencari atau tidak perlu menggunakan fitur find atau search file pada sistem operasi yang terkadang membutuhkan waktu lama.
- Perangkat yang Mampu Mengolah Laporan: Ini sebenarnya bisa diletakkan di pertama juga, yakni perangkat yang mampu mengolah laporan keuangan. Salah satunya adalah LENOVO IdeaPad Slim 3 14IAH8 i5 yang bisa didapatkan pada tautan berikut ini: Tokopedia KomputerMedan Official
Dengan persiapan tersebut di atas, maka proses pembuatan akan bisa berjalan lebih lancar dan terstruktur. Dengan persiapan demikian juga, kita siap untuk belajar cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula.
Cara Membuat Laporan Keuangan Bulanan di Excel untuk Pemula
Berikut di bawah ini adalah uraian cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula yang detail dan mudah untuk diikuti siapa saja.
1. Menyiapkan Template Dasar
- Buka Excel, lalu buat workbook baru.
- Beri nama sheet sesuai bulan, misalnya, “Mei 2025”.
- Pada baris (row) 1, tulis judul “Laporan Keuangan Bulanan – Mei 2025.
- Kemudian, pada kolom (column) A, buatlah header seperti berikut di bawah ini:
- A2: Tanggal
- B2: Keterangan
- C2: Pemasukan
- D2: Pengeluaran
- E2: Saldo
- Blok A2 sampai dengan E2 (A2:E2), lalu formatlah sebagai Bold, jika perlu beri warna latar untuk membedakan dan memperjelas.
Dengan template dasar ini, Anda sudah pada tahap pertama dari cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula. Juga sudah membuat template yang terstruktur serta rapi.
2. Menambahkan Data Pemasukan
Selanjutnya pada cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula, tentu saja perlu menuliskan data pemasukan. Contohnya sebagai berikut:
- Masukkan tanggal transaksi pada kolom A. Misalnya: 05/05/2025.
- Isi kolom B dengan deskripsi pemasukan. Contoh: “Penjualan Produk A”.
- Masukkan nominal pemasukan di kolom C.
- Biarkan kolom D kosong untuk baris pemasukan.
Catatan penting: Pastikan format sel (cell) di kolom C dan D sudah diatur atau di-setting sebagai Currency agar otomatis menambahkan simbol “Rp” dan pemisah ribuan.
3. Menambahkan Data Pengeluaran
Sekarang, saatnya kita masukkan data pengeluaran pada pembelajaran cara membuat laporan keuangan di Excel untuk pemula.
- Di baris berikutnya, masukkan tanggal transaksi pengeluaran.
- Tulis keterangan di kolom B. Contohnya: “Beli Bahan Baku”.
- Masukkanlah nominal pengeluaran di kolom D.
- Kolom C dibiarkan kosong karena memang untuk mengisi baris pengeluaran.
Dengan mengatur seperti ini, Anda telah menerapkan cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula yang memisahkan pemasukan dan pengeluaran dengan jelas.
4. Menghitung Total dan Saldo
Setelah memasukkan data pemasukan dan pengeluaran, kemudian hitunglah jumlah total dan saldo dengan cara sebagai berikut.
- Total Pemasukan: Di bawah kolom C, tulislah rumus berikut ini =SUM(C3:C30) sesuaikan dengan barisnya tentu saja.
- Total Pengeluaran: Di bawah kolom D, tulislah rumus ini =SUM(D3:D30).
- Saldo Akhir: Pada sel E3, tulis rumus =C3-D3.
- Tarik (drag) rumus Saldo ke bawah untuk setiap baris hingga akhir data.
Ini adalah langkah akhir dari cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula.
Penutup
Belajar cara membuat laporan keuangan bulanan di Excel untuk pemula sangat penting untuk memulai langkah pencatatan keuangan yang teratur sehingga pada akhirnya mendapatkan kesehatan finansial yang diinginkan. Berlatihlah terus-menerus hingga kemudian dari seorang pemula menjadi ahli.
Yuk kenali lebih dekat KomputerMedan melalui tautan berikut ini:
- https://desty.page/komputermedan
- Hotline KomputerMedan: +62-852-1078-9989
Halo!! Salam kenal dari KomputerMedan ya :)
KomputerMedan adalah situs belanja PC (Personal Computer), Notebook, Hardware, Networking & Aksesoris komputer. Kami melayani transaksi via online & offline. Slogan kami adalah "Your Best Partner in Technology".!