cara cek komputer berapa bit
Sumber: Intel

Cara Cek Komputer Berapa Bit, Begini Caranya!

Pernah enggak kamu sudah asyik-asyiknya membeli game namun malah terkendala karena spesifikasi yang kurang cocok, seperti salah satunya karena faktor sistem operasi 32 bit atau 64 bit? Nah, untuk kamu yang penasaran dengan angka bit pada komputer kalian, di sini kita akan menjawab bagaimana cara cek komputer berapa bit.


Dalam dunia teknologi, istilah “bit” adalah sesuatu yang sering kali membingungkan bagi banyak pengguna. Namun, memahami berapa bit komputer bisa menjadi langkah pertama yang penting dalam memahami kemampuan perangkat keras dan kompatibilitas perangkat lunak yang dapat dijalankan.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail cara mudah untuk mengecek berapa bit komputer kamu.


Tutorial Cara Mudah Mengecek Bit pada Komputer

Apa Itu Bit?

Sebelum kita mulai, mari kita singkat tentang apa itu bit. Secara sederhana, bit adalah unit terkecil dari data dalam komputer. Satu bit dapat memiliki nilai 0 atau 1.

Kombinasi bit yang lebih besar digunakan untuk menyimpan informasi yang lebih kompleks, seperti bilangan biner, karakter, atau instruksi program.

Mengapa Penting untuk Mengetahui Berapa Bit pada Komputer?

Mengetahui berapa bit komputer adalah penting karena itu akan mempengaruhi jenis sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat di-install dan jalankan.

Misalnya, beberapa aplikasi dan permainan mungkin hanya kompatibel dengan sistem operasi 64-bit, sementara yang lain mungkin hanya berjalan pada sistem operasi 32-bit.

Selain itu, mengetahui berapa bit komputer juga dapat membantu untuk memahami kapabilitas perangkat keras dan memilih perangkat lunak yang sesuai.

Mengetahui berapa bit pada komputer juga merupakan informasi penting untuk beberapa alasan, seperti:

  • Kompatibilitas software: Beberapa software hanya kompatibel dengan sistem operasi 32-bit atau 64-bit.
  • Performa: Sistem operasi 64-bit dapat memanfaatkan memori RAM lebih besar dan umumnya memberikan performa lebih baik.
  • Keamanan: Sistem operasi 64-bit umumnya memiliki fitur keamanan lebih canggih.

5 Cara Cek Komputer Berapa Bit

Ada beberapa cara untuk mengecek berapa bit komputer kamu, dan berikut adalah beberapa metode yang paling umum digunakan:

Cara #1: Menggunakan Pengaturan Sistem (Windows)

  • Langkah 1: Buka “Pengaturan” dengan mengklik ikon roda gigi di menu Start atau dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard.
  • Langkah 2: Pilih opsi “System”.
  • Langkah 3: Pada panel kiri, pilih “About”.
  • Langkah 4: Di bawah “Device specifications”, kamu akan melihat informasi tentang jenis sistem kamu, termasuk jenis sistem operasi dan arsitektur.

Cara #2: Menggunakan System Information (Windows)

  • Langkah 1: Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka dialog Run.
  • Langkah 2: Ketik “msinfo32” dan tekan Enter. Ini akan membuka jendela System Information.
  • Langkah 3: Di bawah “System Summary“, temukan entri “System Type“. Ini akan memberi tahu kamu apakah komputermu menggunakan sistem operasi 32-bit atau 64-bit.

Cara #3: Menggunakan Terminal atau Command Prompt (Mac dan Linux)

  • Langkah 1: Buka Terminal (Mac) atau Command Prompt (Linux) dari menu aplikasi atau dengan menekan kombinasi tombol yang sesuai pada keyboard.
  • Langkah 2: Ketik perintah “uname -a” dan tekan Enter.
  • Langkah 3: Kamu akan melihat output yang mencantumkan informasi tentang sistem kamu, termasuk jenis arsitektur. Jika kamumelihat “x86_64”, itu berarti sistem operasi yang kamu gunakan adalah 64-bit. Jika kamu melihat “i386” atau “i686”, maka berarti sistem 32-bit.

Cara #4: Menggunakan System Profiler (Mac)

  • Langkah 1: Buka “System Profiler” dengan menekan Command + Space pada keyboard, lalu ketik “System Profiler” dan tekan Enter.
  • Langkah 2: Di jendela System Profiler, cari “Software” di panel kiri dan klik di atasnya.
  • Langkah 3: Di panel kanan, cari entri “64-bit Kernel and Extensions”. Jika nilainya “Yes”, itu berarti sistem kamu 64-bit.

Cara #5: Melalui BIOS/UEFI

  • Restart komputer dan tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke BIOS/UEFI (biasanya F2, F10, Del, atau Esc).
  • Cari informasi tentang sistem operasi di BIOS/UEFI. Biasanya, informasi ini terdapat di tab Main, System Information, atau Boot.
  • Cari informasi tentang bit sistem operasi. Di sana akan tertera informasi apakah komputer kamu 32-bit atau 64-bit.

Penutup

Mengetahui cara cek komputer berapa bit adalah langkah penting dalam memahami kemampuan sistem dan memastikan kompatibilitas perangkat dengan software yang diinginkan.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu sekarang dapat dengan mudah mengecek berapa bit komputer menggunakan beberapa metode yang berbeda.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau kesulitan dalam menentukan pilihan, jangan ragu untuk mencari bantuan lebih lanjut dari sumber daya online atau berkonsultasi dengan spesialis IT dari tim KomputerMedan.

Apakah Sobat Komedia kebetulan juga sedang mencari laptop yang mumpuni? Yuk cek link Tokopedia KomputerMedan berikut ini ya!

Semoga panduan ini membantu kamu dalam menjelajahi dunia komputasi dengan lebih baik!